top of page

Nawa Ranch: Model Pertanian Berkelanjutan di Sulawesi Selatan


Pertanian terintegrasi adalah pendekatan holistik dalam praktik pertanian yang menggabungkan berbagai elemen dan kegiatan pertanian untuk mencapai efisiensi, produktivitas yang tinggi, serta keberlanjutan jangka panjang. 


Dalam konteks ini, pertanian tidak hanya dianggap sebagai kegiatan isolatif, tetapi sebagai sistem yang terhubung erat dengan lingkungan sekitarnya. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan hubungan yang seimbang antara tanaman, ternak, dan lingkungan, dengan memaksimalkan manfaat dan mengurangi dampak negatif.


Proyek yang digagas oleh Tami Wojna dan Ayahnya Pak Abdul Rasyid yakni Nawa Ranch yang merupakan Integrated Farm yang berlokasi di Enrekang, Sulawesi Selatan. Nawa Ranch muncul sebagai respon terhadap permasalahan lingkungan dan berkelanjutan di Enrekang, Sulawesi Selatan seperti tanah longsor karena erosi, kerusakan ekosistem, sampah dan dampak negatif pertanian konvensional.



Bisnis unit Nawa Ranch terdiri dari 5 program berkelanjutan sebagai upaya untuk menciptakan perubahan positif : 


  1. Nawa Honey Farm: Tempat lebah trigona berkembang dengan produk unggulan mereka, Nawa Propolis. kamu bisa dapetin produknya di Tokopedia dan Shopee.

  2. Nawa AquaScape, sebuah proyek yang sedang berjalan oleh Nawa Ranch, adalah budidaya air tawar organik, menyediakan sumber ikan yang dapat diandalkan sekaligus mendukung masyarakat lokal dan mempromosikan ketahanan pangan.

  3. Nawa ForestVerse adalah proyek berbasis donasi oleh Nawa Ranch, yang ditujukan untuk menanam dan memelihara pohon Paulownia, yang terkenal dengan pertumbuhan pesatnya sebagai upaya reboisasi kami.

  4. Nawa EcoLodge, proyek masa depan visioner mereka, di mana alam bertemu dengan akomodasi ramah lingkungan, penginapan mereka akan menampilkan bumi perkemahan yang tenang dan kabin kayu yang nyaman.

  5. Nawa EcoCycle, landasan inisiatif pengelolaan sampah dan pendidikan mereka, bertujuan untuk merevolusi pendekatan Enrekang terhadap sampah.


Semua proyek ini bertujuan menciptakan ekosistem kehidupan yang lebih ramah lingkungan dan sustainable, sambil belajar bersama masyarakat sekitar tentang pentingnya konservasi alam dan praktik kehidupan yang berkelanjutan.


Tiga project telah berjalan yaitu Nawa Honey Farm, Nawa AquaScape, dan Nawa ForestVerse  untuk dua project lainnya masih coming soon!


Yuk ikuti perjalanan berkelanjutan & update dari semua project di @nawaranch dan produk mereka di @nawapropolis!


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page