top of page

Sisa Pilah: Event organiser minim sampah!



Sebagai negara yang guyub dan senang kumpul ramai-ramai, kamu pernah kepikiran ga sih sampah yang menumpuk dari setiap kegiatan acara itu seperti apa? Kayak pas acara pergantian tahun, pasti banyak banget sampah yang terbuang seperti bungkus makanan dan minuman (+jas hujan plastik!). Belum lagi sisa makanan berlebih. Sisa pilah hadir untuk menjawab permasalahan sampah dari event-event seperti ini untuk bisa dikelola dengan lebih #cuanlestari.


Sisa Pilah menyediakan jasa pemilahan dan pengolahan sampah untuk acara-acara yang dihadiri oleh banyak orang, seperti pernikahan atau pameran. Sisa Pilah menyediakan tiga tong sampah terpisah untuk tiga kategori berbeda, satu untuk organik (sisa makanan dan minuman), satu untuk botol dan gelas plastik, serta satu lagi untuk saset multilayer, plastik ringan (seperti bungkus snack), dan kantong kresek. Nanti tamu-tamu akan diarahkan oleh volunteer untuk membuang sampah di tong yang sesuai dengan kategorinya.


Sisa Pilah mau menggugah kesadaran penyelenggara acara dan pengunjung untuk bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya. Kesadaran buat mengerti dampak sampah yang dibuang begitu aja padahal masih bisa dimanfaatkan menjadi produk baru yang berdampak baik bagi banyak pihak. Dengan mendaur ulang sampah plastik sebagai suvenir pernikahan contohnya, maka gak perlu mencari suvenir baru. Dengan memberdayakan bank sampah, masyarakat akan mendapatkan uang tambahan.


Sisa Pilah bakal mengolah sampah saset dan plastik bungkus makanan menjadi paving block (dengan bekerja sama dengan mitra start-up). Sementara itu, sampah organik dijadikan pupuk organik untuk masyarakat dan makanan maggot BSF yang nantinya dijadikan pakan ternak dan lele. Sampah botol plastik bekas akan dibuat ecobrick untuk dimanfaatkan sebagai kursi anak-anak PAUD.


Ayo, kita dukung terus bisnis #cuanlestari macem Sisa Pilah! Follow akun mereka untuk tanya-tanya lebih lanjut soal jasa yang mereka sediakan yah!

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page