top of page

Offmeat: #DagingMasaDepan bikin #CuanLestari



Wah, apa nih #DagingMasaDepan? Untuk pecinta makanan berbasis nabati, kenalin nih brand vegan dari Indonesia yang bernama OFFMEAT!


Seperti yang kita sudah tahu, sektor peternakan menyumbang emisi GRK cukup besar bagi dunia. Dilansir dari FAO (2021), peternakan sapi menyumbang emisi terbanyak, sekiranya 41% dan 20% dari total emisi yang dihasilkan sektor peternakan di dunia. Lalu, peringkat keduanya dari peternakan babi (9%), dan selanjutnya kerbau dan ayam (sekurang-kurangnya 8% masing-masingnya). Data dari FAO juga menunjukkan bahwa 44% emisi yang dihasilkan oleh sektor peternakan ini berupa gas metana (CH4). Sisanya adalah Nitrous Oxide (N2O) sebesar 29% dan Karbon Dioksida (CO2) sebesar 27%.


Gas metana dalam kadar seimbang sebetulnya punya banyak manfaat, contohnya sebagai bahan bakar memasak, pupuk tanaman, atau bahan bakar kendaraan. Kotoran hewan dan manusia juga mengandung gas metana lho. Namun, jika kadarnya udah berlebihan, apalagi gas ini juga sangat mudah terbakar, tentu bisa menimbulkan kerusakan. Ingat kejadian meledaknya TPA Leuwigajah karena banyak gas metana yang terperangkap dalam sampah-sampah plastik atau penampungan septic tank yang juga sering meledak? Jadi, emang perlu ada pengelolaan yang baik untuk gas metana ini dan pastinya, menjaga kadarnya supaya gak berlebihan.


Atas dasar concern pada lingkungan, perusahaan foodtech lokal OFF FOODS mulai berinisiatif nih buat mengurangi emisi gas metana dari sektor peternakan. Mereka berhasil meluncurkan OFF MEAT, alternatif pengganti daging sebagai penyedia protein. OFF MEAT ini daging nabati yang udah didistribusikan ke restoran-restoran kekinian dan rasa serta teksturnya pun gak kalah juicy kayak daging hewani. Olahan daging nabati dijadikan menu-menu yang bervariasi dan gak bosenin, kayak burger, sandwich, ayam geprek, katsu, pangsit, pizza, sate lilit, dan lain-lain.


Oh ya, bahan dasarnya itu soy protein (protein dari kedelai) dan dijamin ngeliat tampilannya aja kamu gak akan mengira bahwa itu bukan daging sungguhan! Selain enak, juga pastinya sehat karena rendah kolesterol dan gak bikin guilty pleasure juga buat lingkungan. Selain OFF MEAT, nantinya OFF FOODS juga bakal ngeluncurin produk baru nih, yaitu OAT DAILY, minuman berbahan dasar oat (haver). Bener-bener #brandlestari banget yah OFF FOODS!



Kalau minomic perhatiin, mereka lebih banyak bekerjasama dengan B2B klien untuk mendistribusikan produknya. Jadi kalian mesti rajin-rajin liatin resto, cafe, toko yang kerjasama dengan mereka untuk mendevelop produk atau menu vegan!


Kepoin lebih lanjut startup ini melalui website dan instagramnya yah!


Sumber:

https://www.fao.org/news/story/en/item/197623/icode/

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page