top of page

Rainforest Alliance: Membangun Masa Depan yang Lebih Baik untuk Manusia dan Alam

Diperbarui: 8 Des 2023


Kehidupan kita sangat bergantung pada alam, hal tersebut menunjukan bahwa manusia dan alam saling terhubung, Namun, krisis iklim seringkali membuat kita khawatir terhadap masa depan manusia dan alam.

Pihak-pihak yang dapat memberikan dukungan untuk menciptakan masa depan lebih baik untuk manusia dan alam merupakan salah satu hal yang sangat penting. Rainforest Alliance salah satunya, mereka memberikan harapan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan dengan memanfaatkan kekuatan sosial dan pasar untuk melindungi alam dan meningkatkan taraf hidup petani serta masyarakat sekitar hutan.

Rainforest Alliance merupakan organisasi non-pemerintah internasional yang bekerja di 70 negara pada persimpangan antara bisnis, pertanian, dan hutan.

Mereka bekerjasama dengan petani dan komunitas hutan, perusahaan, pemerintah, masyarakat sipil, dan jutaan individu untuk melindungi hutan dan keanekaragaman hayati, mengambil tindakan terhadap iklim, dan mempromosikan hak-hak serta meningkatkan penghidupan masyarakat pedesaan. Organisasi ini didirikan pada tahun 1987 oleh Daniel Katz, seorang aktivis lingkungan Amerika yang menjabat sebagai ketua dewan direksi.

Rainforest Alliance adalah pemimpin global dalam sertifikasi keberlanjutan. Pertanian, komunitas hutan, dan bisnis yang berpartisipasi dalam program sertifikasi mereka diaudit berdasarkan standar keberlanjutan yang ketat berdasarkan tiga pilar keberlanjutan: kesejahteraan lingkungan, ekonomi, dan sosial. Lebih dari dua juta petani mengikuti standar pertanian mereka di 70 negara di seluruh dunia. Program mereka berfokus pada kopi, kakao, teh, pisang, dan banyak sektor komoditas penting lainnya yang menghadapi tantangan lingkungan dan sosial yang mendesak.


Sertifikasi standar ini mencakup konservasi ekosistem, perlindungan satwa liar, dan perlakuan adil serta kondisi kerja yang baik bagi pekerja. Untuk mendapatkan sertifikasi, peserta harus mematuhi persyaratan Standar Pertanian Berkelanjutan atau Standar Rantai Pasokan Pertanian Berkelanjutan. Menambahkan segel bersertifikat Rainforest Alliance yang diakui secara internasional ke produk memungkinkan pelaku bisnis dan konsumen melakukan bagian mereka untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi manusia dan alam.


Sertifikasi Rainforest Alliance berlaku untuk pertanian (termasuk pengepakan dan pengepakan ulang) dan perusahaan yang terlibat dalam pemrosesan pasca panen dan perdagangan produk bersertifikat Rainforest Alliance dapat disertifikasi berdasarkan Standar Rantai Pasok.


Standar Pertanian Berkelanjutan Rainforest Alliance 2020, beserta jaminan dan sistem teknologinya, dirancang untuk memberikan nilai lebih kepada lebih dari dua juta petani dan ribuan bisnis yang bergantung pada sertifikasi Rainforest Alliance untuk mendorong lebih banyak produksi pertanian berkelanjutan dan rantai pasok yang bertanggung jawab.


Kunjungi Program Sertifikasi 2020 Rainforest Alliance untuk mendapatkan informasi terkini mengenai update terbaru pada:

  • Persyaratan pertanian

  • Persyaratan rantai pasokan

  • Aturan dan pedoman untuk jaminan

  • Sumber daya pendukung untuk membantu Anda memahami dan menerapkan program

Setiap produk yang sudah tersertifikasi oleh Rainforest Alliance ditandai dengan adanya segel katak hijau, Katak disebut oleh para ilmuwan sebagai bioindikator—artinya populasi katak yang sehat menunjukkan lingkungan yang sehat (hal sebaliknya juga berlaku).



Selain itu ada ketentuan baru yang terdapat dalam Standar Pertanian Berkelanjutan Rainforest Alliance 2020 yakni adalah Sustainability Differential (SD) dan Sustainability Investments (SI).

  1. Sustainability Differential (SD) yakni pembayaran moneter tambahan kepada produsen bersertifikasi individu, di atas harga pasar komoditas. Pembayaran ini dimaksudkan sebagai imbalan bagi petani atas penerapan praktik pertanian yang lebih berkelanjutan.

  2. Sustainability Investments (SI) yakni investasi tunai atau natura wajib dari pembeli produk bersertifikasi Rainforest Alliance kepada pemegang sertifikat kebun untuk mendukung penerapan praktik-praktik pertanian berkelanjutan dan mencapai serta mempertahankan kepatuhan terhadap Standar Pertanian Berkelanjutan.

Selain itu, semua pelaku di sepanjang rantai pasok bersertifikasi—bukan hanya petani—perlu menunjukkan komitmen mereka terhadap praktik bisnis yang berkelanjutan. Perusahaan bersertifikasi harus mengacu dan berkomitmen pada pedoman uji tuntas hak asasi manusia dan lingkungan dari organisasi internasional termasuk OECD dan Prinsip-Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia.


Berikut beberapa contoh Perusahaan yang brandnya sudah mendapatkan sertifikasi dari Rainforest Alliance :

1. Nestle (Kitkat)

KitKat merupakan merek coklat global pertama yang menggunakan 100% kakao yang bersumber secara lestari melalui sertifikasi Nestlé Cocoa Plan dan Rainforest Alliance. Setiap produk kitkat menggunakan kakao bersertifikat Rainforest Alliance melalui Nestlé Cocoa Plan. Pada tahun 2025 KitKat berkomitmen untuk menjadi netral karbon – mengurangi emisi sebanyak mungkin dan mendukung transisi menuju pertanian regeneratif.


2. 7 Eleven (7Cafe)

7 CAFÉ, salah satu merek 7-Eleven, mulai tanggal 26 Oktober 2022, jaringan 7CAFÉ yang terdiri lebih dari 600 toko beralih menggunakan 100% biji kopi Arabika Bersertifikasi Rainforest Alliance. Untuk mendapatkan sertifikasi dari Rainforest Alliance, biji kopi harus ditanam dengan cara yang tidak membahayakan manusia atau planet – melindungi mata pencaharian mereka yang tinggal di hutan hujan serta satwa liar seperti katak pohon bermata merah, katak tenggorokan rubi. burung kolibri, monyet tupai, dan lain-lain. Hanya sejumlah kecil biji kopi yang diproduksi setiap tahunnya yang memenuhi standar tinggi Rainforest Alliance. Namun, 7CAFÉ terus mendapatkan biji kopi premium dari wilayah yang sama – Brasil, Honduras, dan Indonesia – dan kini semuanya telah tersertifikasi penuh oleh Rainforest Alliance. Biji kopinya masih baru dipanggang secara lokal di Hong Kong, sehingga menghasilkan aroma kacang yang kaya dan penuh, namun memiliki rasa yang lembut dengan sisa rasa manis berasap.



Untuk lebih lanjut kalian bisa klik link dibawah ya!


Rainforest Alliance memberikan pilihan bagi masa depan kita yang lebih baik, melalui satu rantai yang tak terputus. mulai dari Petani yang menghasilkan produk yang kita konsumsi, perusahaan yang mengolah serta memasarkan produk secara bertanggung jawab dengan memenuhi ketentuan berkelanjutan sampai kepada konsumen membuat pilihan untuk memilih produk yang bertanggung jawab.

Mereka berkontribusi untuk menciptakan dunia tempat manusia dan alam dapat hidup selaras.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Rainforest Alliance kalian bisa mengakses website dan instagramnya ya!


Sumber :


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page